Selasa, 03 April 2012

Manusia dan Tanggung Jawab


Dalam kehidupan ini, manusia tidak akan lepas dari sebuah permasalahan, konflik dan perbedaan. Dalam konsepnya manusia terlahir dengan arah dan tujuan hidup yang berbeda-beda satu sama lainnya, dan tentunya banyak hal yang harus di pertanggung jawabkan dalam setiap tindakan yang diperbuat oleh setiap manusia tersebut.
Sebagai manusia, rasa tanggung jawab itu sangat penting, karena rasa tanggung jawab adalah suatu cara seorang manusia untuk menjalani kehidupannya sebagai manusia yang beradab (berbudaya). Tanpa adanya tanggung jawab manusia tidak akan bisa menyelesaikan permasalahan baik itu internal (kepada dirinya sendiri dan Tuhan sebagai penciptanya) maupun eksternal (kepada keluarga, masyarakat, dan negara).
Saya sebagai seorang mahasiswa, mempunyai tanggung jawab untuk belajar dan mengikuti perkuliahan sesuai jadwal. Mengerjakan semua tugas yang dosen berikan kepada saya merupakan salah satu tanggung jawab saya karena telah memilih untuk menjadi seorang mahasiswa. Karena dengan rasa tanggung jawab tersebut, saya bisa mengetahui tolak ukur kemampuan saya. Yang apabila kemampuan saya kurang, saya akan bertanggung jawab dengan belajar lebih giat.

Referensi  :
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/ilmu_budaya_dasar/bab9-manusia_dan_tanggung_jawab.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar