Rabu, 21 Maret 2012

IBD2

Manusia dan Cinta Kasih, Manusia dan Kebudayaan

Hubungan antara manusia dan cinta kasih adalah dimana seseorang yang kita sayangi itu patut untuk kita hormati dan hargai. Mulai dari yang umurnya dibawah kita berarti kita harus lebih menyayanginya dan umur yang lebih tua dari kita berarti kita wajib untuk menghormatinya, dari kedua aspek itu telah dilakukan jika terjadi kesalahan maka kita harus mencari kesalahannya dan mencoba untuk mencari kebenarannya. Kita harus selalu berpikiran objektif pada setiap masalah yang terjadi di masyarakat, baik itu kesalahan dari pribadi maupun kesalahan dari orang lain. Terkadang kita bersikap egois dengan apa yang kita anggap benar dan tidak mau disalahkan ketika diri kita dalam level salah. Mencoba untuk bersikap sangat mudah asalkan selalu optimis dengan segala sesuatu yang dianggap bahwa itu memang baik untuk dilakukan, maka akan terjadi ketenteraman dalam bersosialisasi antar manusia dengan makhluk lainnya.
Hubungan antar manusia dengan kebudayaan ialah ada keterkaitannya dengan bermacam-macam budaya yang tersebar di seluruh Indonesia, mulai dari Sabang hingga Merauke. Manusia harus mengenal pribadi diri sendiri karena budaya adalah identitas dari suatu Bangsa, dimana jika kita tidak berbudaya maka itu sama saja dengan kita tidak mempunyai identitas dan berarti negara lain pun tidak tahu apakah Indonesia itu ada atau tidak. Jangan sampai kebudayaan kita jatuh ke dalam pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab atas kebobrokan budaya kita yang dapat kapan saja hilang maupun punah dan ditinggalkan begitu saja oleh manusia, karena dianggap kolot atau ketinggalan zaman dibandingkan dengan budaya-budaya yang sedang beredar di masyarakat sekarang ini. Sebagai masyarakat penerus Bangsa kita harus kreatif dalam melestarikan identitas kita agar tidak mudah punah begitu saja.

1 komentar:

  1. teman jangan lupa yah masukin link gunadarmanya k dalam blog kamu. Sekarang kan sudah mulai softskill, sebagai salah satu mahasiswa gunadarma ayo donk masukin link gunadarmanya, misalkan:
    www.gunadarma.ac.id
    www.studentsite.gunadarma.ac.id
    www.baak.gunadarma.ac.id
    www.ugpedia.gunadarma.ac.id
    :)

    BalasHapus